31 Jul 2018

Cara Praktis Sembuh Dari Sakit Influenza atau Pilek


Pilek atau influenza adalah infeksi ringan yang disebabkan oleh virus human rhino virus atau HRV. Terjadi pada saluran hidung, saluran pernapasan bagian atas hingga tenggorokan. Meski tergolong ke dalam kategori penyakit ringan, tapi jika dibiarkan juga berbahaya. Bisa menyerang siapa saja, tidak peduli anak maupun orang dewasa.

Pada umumnya menimpa pada jenis orang-orang tertentu di mana kekebalan tubuhnya sedang menurun dan kondisi tertentu. Penyakit ini ada karena dipicu dari berbagai faktor, antara lain :

- Cuaca
Cuaca tidak menentu akibat pergantian musim yang sukar diprediksi, ditengarai sebagai faktor pencetus penyakit tersebut. Anak dan balita serta para manula yang sering terkena dampaknya. Di mana ketahanan badannya lemah, sehingga mudah terjangkiti virus ini.

- Berada di area publik
Itu juga termasuk pemicu sakit flu datang. Anda yang berkerja di kantor atau perusahaan besar, pedagang di pasar, guru hingga siswa sekolah. Area publik itu  memang sangat rentan menyebarkan virus. Sebab udara dan angin di sekitarnya.

- Merokok
Gaya hidup tidak sehat ini juga menjadi salah satu pengaruh besar seseorang menderita penyakit tersebut

- Begadang
Kurang tidur bisa menyebabkan datangnya penyakit salah satunya influenza.

Cara sembuhkan pilek atau flu

Ada beberapa cara mudah untuk meredakan sakit bila terlanjur meynyerang. Tentu hal kali pertama yang harus Anda lakukan adalah minum obat pereda rasa sakit, bisa dibeli apotek. Selain itu dapat pula memakai balsam atau minyak angin. Istirahat cukup serta menjaga asupan gizi yang masuk.

Berbicara tentang hal gizi pasti berhubungan dengan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Bahwa ada jenis bahan makanan tertentu yang dipercaya mampu mengatasi rasa sakit yang ditimbukan oleh influenza ini. Misalnya bisa makan nasi hangat bersayur sop atau soto panas lengkap dengan perasan jeruk nipis dan sambal. Jeruk nipis banyak mengandung vitamin C juga cabai, dapat membantu meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Atau minum air hangat yang dicampur madu dan perasan lemon.

Ada cara lain yang lebih efektif yaitu dengan mengompres kepala bagian ubun-ubun dengan air panas sedikit. Tempelkan pada sebuah kain yang bisa menyerap air, tunggu beberapa saat sampai Anda merasa nyaman dan ingus dapat keluar dengan sendirinya dari hidung. Anda dapat melakukan ini saat sedang mandi, terutama ketika pagi hari.

Baca juga : Tips Simpel Mengatasi Penyakit Cacingan Pada Anak

Sakit flu biasanya disertai dengan tenggorokan yang berasa gatal yang merupakan gejala awal dari batuk. Oleh sebab itu bila merasa sudah minum obat, tapi selama tiga hari kunjung sembuh dapat memeriksakan diri ke dokter. Jangan tunggu terlambat sebab berbahaya. Bisa jadi itu adalah gejala awal penyakit tertentu. Karena itu jangan diabaikan.

Artikel Terkait

Load comments