Sebuah Tips untuk Membuat Kita Lebih Baik dalam Sebulan

Kira-kira apa yang perlu kita lakukan untuk membuat diri kita lebih baik dalam satu bulan? Apa kamu semua sudah punya rencana itu. Jika belum, mari kita ulas bersama melalui sebuah tips untuk membuat kita akan lebih baik dengan melakukannya selama satu bulan yang nantinya kamu akan merasakan perbadaannya.

Memang untuk melakukan perubahan dengan tujuan baik membutuhkan niat dan kerja keras, kita pun perlu menjalankannya secara konsisten. Tips ini kami peroleh dari tulisan seseorang di sosial media, semoga nantinya bisa memberi dampak positif setelah kamu membacanya.

Apa yang perlu kita lakukan, yakni cobalah dopamine detox atau istilah lainnya puasa dopamine. 'Dopamine Detox' merupakan tentang bagaimana kita menghindari terlebih dahulu dorongan-dorongan yang sekiranya membuat kita candu dan terlena. Maka dari itu jika kamu ingin tahan lama dalam belajar, baca buku, bekerja, olehraga, serta aktivitas berat lainnya kamu harus coba dopamine detox.

Pahami Cara Kerjanya


Bahwa manusia mempunyai yang namanya hormon dopamine, hormon tersebut diproduksi kalau kita sedang menjalankan aktivitas yang menyenangkan yaitu yang sifatnya hiburan.

Misalnya: main sosmed, mendengarkan musik, nonton film, makan yang enak, dan lain-lain. Bahkan waktu kita haus lalu minum segelas air, itu pun bisa merilis hormon dopamin. Dari contoh tersebut merupakan aktivitas yang menghasilkan dopamin dengan jumlah sedikit, sedangkan aktivitas hiburan bakan merilis lebih banyak dopamin.

Yang perlu kita ketahui bersama, kalau hormon dopamin di otak kita terlalu banyak malah bahaya. Sebab kita jadi susuh melakukan aktivitas yang berdopamin rendah.

Contoh sederhana, pecandu Game yang dopaminnya sudah terlalu tinggi, maka tidak akan betah ketika melakukan aktivitas berdopamin rendah seperti (membaca buku, belajar, dan aktivitas berat lainnya).

Pemecahan


Lalu bagaimana cara kita mengurangi dopamin di otak? Caranya yaitu dengan dopamine detox. Kita akan kurangi level dopamin di otak.

Analoginya : kalau kamu adalah orang kaya yang standar makan sehari-harinya di restoran mewah, kemudian tiba-tiba diberi nasi bungkus, kemungkinan kamu akan nolak.

 

 
Akan tetapi beda cerita, jika kamu sedang terdampar di sebuah pulau terpencil lalu kelaparan, sebungkus nasi tersebut kemungkinan besar akan kamu makan. Iya atau tidak?

Nah, jadi kurang lebih dopamin detox bekerjanya seperti itu.

Solusi


Jika kamu benar-benar ingin lebih produktif dan bahkan lebih baik dari sebelumnya yang perlu dilakukan adalah menerima tantangan. Kalau tips ini dilakukan dalam satu bulan dan akhirnya terbiasa, kamu sendiri yang akan merasakan perbedaannya menjalani hidup lebih berharga.

Yang perlu kamu lakukan adalah seharian tanpa aktivitas berdomain tinggi

"Seperti tidak ada scrolling sosmed yang gak jelas" (kecuali itu bagian dari pekerjaanmu)

"Tidak ada nonton YouTube, tidak ada musik, dan aktivitas berdopamin tinggi lainnya"

Jadi, kamu melakukan pengurangan level kesenangan dengan dialihkan pada aktivitas yang lebih berguna.

 

Baca juga : 7 Hal Yang Akan Terjadi Jika Dunia Tanpa Smartphone
 

Kamu tidak perlu memaksa atau melakukan terlalu exstrim, misalnya bulan pertama kamu lakukan sehari dalam seminggu saja dan nanti di bulan berikutnya mungkin harinya bisa ditambah.

Dengan begitu diharapkan dopamin kamu akan berkurang dan bisa lebih tahan lama mengerjakan aktivitas beras. Terpenting pintar-pintarlah mengatur waktu agar tidak malas.

Sekian dulu tips ini semoga memberi kamu pencerahan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Terima kasih.

Add Comments


EmoticonEmoticon