Resep Mangut Lele Bumbu Pedas Gurih dan Enak

resep mangut lele
 

Yogyakarta merupakan kota yang terkenal akan kulinernya yang dapat membuat Anda kelaparan dalam sekejap. Salah satu kuliner khasnya adalah mangut lele. Anda tentunya sudah tak asing bukan dengan nama kuliner ini. Sekarang mari kita bahas resep mangut lele yang kaya citarasa pedas dan gurih.

Sesuai dengan namanya mangut lele berbahan dasar ikan lele. Ikan yang kaya protein, vitamin dan asam lemak omega ini diolah dengan berbagai bumbu khas yang nantinya dapat memperkaya citarasa olahan makanan tersebut. Berikut adalah penjelasan bahan dan tata cara masaknya.

Bahan dan Bumbu Masakan
Sebelum mulai membahas cara memasak kuliner khas ini, ada baiknya Anda mengetahui bahan dan bumbu apa saja yang diperlukan dalam prosesnya. Siapkan bahan-bahan dan bumbu tanpa ada yang terlewat. Karena kelengkapan bumbu masakan tentunya akan berpengaruh terhadap hasil rasa gurik dan enak.

Berikut ini adalah bahan dasar dan bumbu-bumbu yang perlu Anda persiapkan ketika akan memasak mangut lele. Bahan dan bumbu berikut ini dapat Anda gunakan untuk membuat 3 porsi mangut lele pedas gurih dan lezat.

1. Bahan-Bahan
Untuk membuat mangut lele, Anda dapat membeli bahan di pasar ataupun warung sayur terdekat. Karena perlengkapan dibawah ini dapat dengan mudah Anda temukan. Siapkan bahan berikut ini sebagai bahan dasar dan bumbu kasar masakan.

● Ikan lele sebanyak 1 Kg
● 1 buah jeruk nipis
● Bawang putih 2 siung dan haluskan terlebih dahulu
● Santan sebanyak 500 Ml
● Petai sebanyak 2 papan
● 4 lembar daun salam
● Daun jeruk sebanyak 2 lembar
● 2 batang serai dan memarkan terlebih dahulu
● Lengkuas 1 ruas lalu memarkan
● Cabai rawit merah besar sebanyak 10 buah
● Cabai hijau atau lombok ijo 65 gr jangan lupa iris serong
● 1 sdm penyedap rasa
● 1 sdm kecap manis
● Gula pasir 1 sdm
● Air secukupnya
● Garam secukupnya
● Minyak sayur secukupnya

Baca juga : Resep Masakan Ikan Bawal Goreng Asam Manis

2. Bumbu Halus
Selain bahan dasar dan bumbu kasar untuk campurannya, terdapat pula bumbu halus agar kuah terasa lebih lezat. Anda dapat menggunakan ulekan ataupun blender untuk menghaluskannya. Berikut ini adalah bumbu-bumbu yang menjadi campuran bumbu halus untuk kuah masakan mangut lele.

● Bawang merah sebanyak 8 butir
● 6 siung bawang putih
● Kemiri sangrai sebanyak 3 butir
● Ketumbar sangrai sebanyak 2 sdm
● Cabai merah sebanyak 5 buah
● 10 buah cabai rawit merah
● Kencur sepanjang 3 cm

Langkah-Langkah Memasak Resep Mangut Lele


Setelah menyiapkan bahan, bumbu dan alat memasak Anda dapat langsung mengikuti beberapa langkah berikut untuk memasak mangut lele. Berikut adalah langkah memasak mangut ikan lele rumahan dengan cita rasa khas.

1. Langkah pertama bersihkan kotoran ikan lele kemudian cuci hingga bersih. Lalu rendamlah lele yang sudah bersih dengan air yang berisi campuran jeruk nipis, garam dan bawang putih. Kemudian Anda dapat mendiamkannya selama 10 menit.

2. Langkah kedua goreng ikan lele hingga matang. Anda dapat menggoreng sesuai dengan selera. Jika menyukai tekstur lele yang krispi, Anda dapat menggorengnya hingga kering.

3. Selanjutnya tumislah bumbu halus hingga tercium aromanya, lalu masukkan daun jeruk, salam, serai, lengkuas, petai, dan cabe rawit merah. Masaklah hingga bumbu matang sempurna.

4. Langkah selanjutnya Anda dapat memasukkan air serta santan secara bertahap. Lalu aduklah secara perlahan agar santan tersebut tidak pecah. Taburkan penyedap rasa, garam, dan gula. Jangan lupa menambahkan kecap dan masaklah hingga kuah mendidih.

5. Terakhir, tambahkan lele serta cabai hijau kedalam kuah yang telah mendidih. Aduk dan masak hingga kuah mengental. Jika air kuah sudah menyusut angkat kemudian sajikan.

Mudah bukan resep mangut lele khas Bantul Jogja ini. Anda dapat mempraktekkannya di rumah dan menyajikannya untuk santapan keluarga. Ikan lele sebagai bahan dasar juga kaya akan gizi, hal ini tentunya menambah nilai plus dari masakan ini. Selamat mencoba.

Add Comments


EmoticonEmoticon