9 Obat Batuk Kering dan Gatal Tradisional yang Ampuh

obat batuk tradisional
 

Pernah kalian mengalami batuk yang kering dan gatal? Pastinya akan sangat mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Dan biasanya akan semakin menjadi-jadi ketika menjelang malam hari. Mungkin kalian kepikiran obat tradisional yang ambuh buat meredakan batuk, kalau belum menemukan yang cocok dan mudah dijangkau, sebaiknya kalian simak artikel ini hingga selesai.

Dengan bantuan obat alami untuk sembuhkan batuk yang tanpa efek samping, ini tentu saja bisa untuk anak-anak hingga orang dewasa. Kami langsir dari berbagai sumber berikut ini sederet bahan alami yang bisa jadi pilihan kalian dalam menangani penyakit batuk.

1. Berkumur Air Garam Dapur


Kita semua pasti punya yang namanya garam dapur, kalau tidak punya bisa minta saudara atau tetangga. Tahukah kamu kalau garam bisa meredakan hingga menyembuhkan batuk keting dan gatal. Dengan kita berkumur dengan larutan garam, hal itu bisa mengurangi lendir yang menempel di belakang tenggorokan.

Kadang kita kalau malam susah tidur karena batuk berdahak yang terus menerus, untuk itu kita bisa membuat larutan air garam dengan satu gelas air hangat ditambah setengah sendok teh garam dapur untuk berkumur sebelum tidur karena ini cukup ampuh meredakan batuk.

2. Konsumsi Nanas


Buah nanas yang sering kita temui di pasar, buah tersebut mengandung enzim yang disebut bromelain. Enzim ini memiliki sifat mukolitik yang menurut penelitian bisa membantu memecah dan mengeluarkan lendir ketika kita sedang batuk, maka nanas bisa dijadikan konsumsi obat tradisional yang alami.

Akan tetapi yang perlu kalian perhatikan ketika konsumsi nanas, jangan dibarengi dengan minum obat antibiotik tertentu karena bisa memicu efek samping. Ingat ya fokus ke obat alami dahulu saat menyembuhkan batuk.

3. Jahe


Jahe dari tumbuhan alami dikenal bisa menghangatkan tubuh sehingga bisa dimanfaatkan sebagai obat batuk maupun pilek. Selain bisa meredakan batuk, jahe yang memiliki senyawa bioaktif mampu membantu pencegahan ketika mengalami gangguan pencernaan serta rasa mual.

Untuk menghasilkan aroma dan hangat yang mantab, bakar jahe terlebih dahulu kemudian diparut dan hasilnya disaring seperti saat membuat teh.

4. Madu


Berikutnya adalah dengan madu, bahan alami yang satu ini sangat efektif meredakan batuk kering dari pada harus konsumsi obat-obatan. Cara membuat ramuan juga cukup simpel, dengan cara sediakan dua sendok makan madu alami untuk dicampurkan dengan air hangat. Kemudian ramuan itu bisa kita minum dua kali sehari supaya batuk cepat sembuh.

5. Jeruk Nipis


Memiliki vitamin C sebanyak 27 mg/100 g jeruk, kalsium sebanyak 40 mg/100 g jeruk, dan fosfor sebantak 22 mg, itulah kandungan dari pada jeruk nipis. Untuk itu jeruk nipis dikenal memiliki efek farmakologis berupa anti-demam, anti-inflamasi, anti-bakteri, dan mengurangi batuk.

Untuk sembuhkan batuk dengan jeruk nipis, caranya dengan perah satu buah jeruk nipis untuk diambil airnya kemudian diminum. Akan tetapi kita juga bisa mencampurkan terlebih dahulu dengan air kelapa muda.

6. Kencur


Kencur memiliki beberapa khasiat seperti menghangatkan, menghilangkan rasa sakit, memudahkan pengeluaran air, hingga mengencerkan dahak. Disamping bisa untuk obat batuk, kencur juga dapat dijadikan sebagai obat herbal lain seperti pegel linu, masuk angin, hingga sakit migren.

7. Peppermint


Obat batuk herbal berikutnya adalah dengan daun peppermint, kandungan menthon di dalamnya dapat menenangkan tenggorokan juga bertindak sebagai pemecah lendir. Selain itu daun peppermint juga memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang dapat mempercepat penyembuhan.

Untuk menggunakan sebagai obat batuk, kita bisa meminum teh peppermint atau dengan cara teteskan minyak peppermint ke dalam mangkuk berisi air yang panas untuk menghirup uap minyak esensial peppermint.

8. Kunyit


Sebelumnya kami sempat membahas tentang Khasiat Kunyit untuk Kecantikan, selain itu bahwa kunyit mengandung kurkumin, yaitu senyawa yang berpotensi sebagai anti-inflamasi, antivirus, serta antibakteri, sehingga bisa digunakan sebagai obat batuk kering alami.

9. Mengkudu


Yang bisa dimanfaatkan dari mengkudu adalah buahnya, memiliki sifat antivirus untuk membantu menghilangkan batuk, demam, dan sakit flu. Untuk membuat ramuan obat batuk dari buang mengkudu caranya dengan dibuat jus kemudian diminum secara rutin.

Add Comments


EmoticonEmoticon