Ini Arti Kata Culametan yang lagi Viral

arti kata culametan
Tiba-tiba mendadak viral seorang anak perempuan yang masih duduk di bangku kelas 7 SMP kini menjadi trending di media sosial. Bernama Risa Nurhakim sempat menghebohkan dunia maya dengan video Culametan berbahasa sunda.

Berikut ini kutipan kata-kata pada video viral itu! 

Sia mah hirup téh culamétan mét mét, culametan mét mét. Jigana mah dipentaan deui téh embung sia mah. Siga na mah, kalau ada makanan di meja mangga legleg ku sia, terorét terorét!”
Kamu tuh hidup culametan met met, culametan met met. Kayaknya dimintai (makanan) lagi enggak mau kamu tuh! Kayaknya kalau ada makan di meja silakan makan sama kamu, teroret teroret!

Ungkapan dalam kalimat tersebut termasuk bahasa Sunda kasar, seperti kata sia yang bahasa akrabnya manéh dan bahasa halusnya anjeun yang artinya 'kamu'. Legleg merupakan ungkapan kasar dari kata dahar (bahasa akrab) dan bahasa halusnya tuang yang artinya 'makan'. Kata-kata tersebut biasanya diungkapkan dalam situasi sedang marah ataupun kesal.

Culamétan (bahasa Indonesia: 'celamitan'), sifat seseorang yang suka minta/nyoba makanan orang lain. Kayaknya si culamétan selalu penasaran akan makanan yang dimakan orang lain. Parahnya, dia sendiri kalo punya makanan pelit banget. Ini dalam bahasa Sunda mengandung makna sifat yang kurang baik, karena bisa saja bikin risih atau kesal orang lain.

Bayangin aja, lagi-lagi nikmat menyantap makanan ada orang lain yang ganggu mood/suasana kenikmatan tersebut. Si culamétan biasanya orang yang malas tapi pengen enaknya aja. Kalau mau makanan kayak gitu, apa capeknya sih beli sendiri?

Istilah populer di Media Sosial

Wagelaseh = wa gila sih
Bucin = Budak cinta

Pansos = Panjat sosial
Gan = Juragan

Kuy = yuk (ayuk) bermakna ajakan
Selaw = slow .. mirip santai ..

Femes = famous, terkenal
Lejen = legend (legenda)

Leh uga = Boljug = boleh juga

Add Comments


EmoticonEmoticon