7 Alasan Kenapa Lebih Suka Belanja di Supermarket dan Minimarket

Kira-kira kapan terakhir kali Anda mengunjungi Supermarket atau Minimarket? Berbelanja setiap orang punya kenyamanan masing-masing, yang sering ke pasar tradisional mungkin lebih nyaman di sana. Karena biasanya konsumen yang dusah berlangganan di pasar akan merasa lebih nyaman bisa akrab dengan berinteraksi sama penjual.

Secara umum ada kelebihan dan kekurangan setiap tempat perbelanjaan, bagi yang sudah nyaman pergi ke Supermarket pasti salah satu alasan lebih memilih disana karena tempatnya lebih bersih. Memang benar kalau dibandingkan dengan pasar Tradisional sangat jauh, semoga saja pemerintah kedepan lebih memperhatikan hal itu, soalnya bagaimanapun juga pasar menjadi salah satu jantung ekonomi suatu negara.

Berbicara soal Negara memang tidak akan ada habisnya, namun kembali pada kenyataan bahwa banyak hal juga yang tanpa kita sadari, bahwa ada beberapa hal yang membuat penduduk lokal lebih memilih berbelanja di tempat yang didukung oleh investor asing.

Sekarang ini banyak penduduk lokal lebih menyukai belanja di supermarket daripada pasar tradisional, terutama penduduk kota. Salah satunya bisa disebabkan karena kenyamanan tempat, dan selain karena tempat ada beberapa asalan lain yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

belanja di supermarket

Kenapa Memilih Belanja di Supermarket dan Minimarket


1. Males Manggil Pedagang

Ini adalah alasan pertama dan yang paling kuat untuk membeli sesuatu di toko kelontong dekat rumah. Terkadang toko ditinggal tanpa adanya penjagaan dan kita sebagai pembeli diharuskan memberi sinyal berupa kata "beli" atau pencet tombol bel rumah jika ada.

Ya, pokoknya sinyal-sinyal untuk memanggil pemilik toko dan hal ini terkadang membuat beberapa orang kurang nyaman (ya kalau kekepet mau engga mau), terkadang juga respon pedagangnya yang sangat lama entah sedang apa didalam.

Berbeda dengan di minimarket, karena kita bisa langsung nyelonong aja tanpa basa basi mencari barang yang mau dibeli.

Baca juga : 4 Alasan Mengapa Liburan Menggunakan Kendaraan Pribadi Jauh Lebih Menyenangkan

2. Harga Lebih Transparan

Sebetulnya banyak kasus adanya perbedaan antara harga dilabel dengan harga di struk, akan tetapi Minimarket atau Supermarket dapat menanggulanginya dengan harga seharusnya yang dibayarkan oleh pembeli.

Bagaimana dengan toko kelontong dan pasar tradisional? Yaps, terkadang harga yang mereka tawarkan lebih murah tapi ada juga yang jauh lebih mahal, yang paling simple r0k0k, kebutuhan sejuta umat yang warna biru bisa lebih murah di toko X tapi bisa lebih mahal di toko Z ketimbang di minimarket.

Nah harga harga ini terkadang membuat perhitungan menjadi kacau terlebih kita juga tidak tau harganya berapa karena hanya penjual yang tau harganya.

3. Tidak perlu Tawar Menawar

Seperti yang kita ketahui bahwa produk-produk di supermarket sudah memiliki harga yang tertera pada semua produknya, sehingga memudahkan kita untuk mengetahui harga produk tersebut tanpa haru repot-repot melakukan tawar menawar pada penjual yang terkadang tak jarang menyebabkan adu pendapat antara pembeli dan penjual.

Memang kalau pinter menawar akan mendapat harga sedikit lebih murah, tapi tanpa disadari kita sudah rugi waktu yang dihabiskan hanya untuk adu harga. Kalau dapat selisih harga sampai puluhan ribu oke lah, tapi kalau hasilnya cuma selisih 500 perak?

4. Lebih mudah dilihat

Saat berpergian gitu, Supermarket dan Minimarket gampang sekali dilihatnya. Dari jauh udah bisa tau letak dan posisi mereka karena ada plang namanya, jugapun mudah dicari melalui aplikasi google maps bisa langsung di ketik dan tara terliihat bagaimana dengan toko klontong?

Kalau pasar trasidisional masih bisa ditemukan melalui map, tapi masalahnya jumlah lebih banyak minimarket sehingga lebih terjangkau oleh orang disekitar.

5. Posisi Barang

Biasanya tiap minimarket ataupun supermarket itu punya tata letak barang yang hampir sama.

Contoh umum letak kasir ada dimana? Biasanya berada dipintu masuk sebelah kanan, ya bukan?

Kemudian letak minuman? Kalau tidak pojok kiri, ya di pojok belakang.

Kebutuhan bulanan, macam sabun? Di pojok belakang kanan. Sedangkan aneka makanan dan minuman ada di depan.

Konsep yang ada di supermarket tersebut membuat kita lebih mudah serta leluasa untuk memilih produk yang ingin kita beli, sehingga kita tidak perlu repot-repot untuk bertanya kepada penjual.

6. Ada Diskon dan Promo Menarik

Image : needpix.com
 
Sebagai salah satu strategi khusus yang diteapkan membuat konsumen tertarik untuk berbelanja di Supermarket. Memang mengiurkan sekali apalagi buat anak kos. Bisa cari 4 minimarket yang sedang diskon Pasta Gigi, Shampo, Sabun dan keperluan pokok lainnya harga kadang bisa lebih murah Rp. 20.000 - Rp. 30.000 kan sangat lumayan.

7. Tempatnya Bersih dan tidak Kepanasan

Bahwa kondisi tempat yang ada disupermarket harus tetap terjaga dalam kondisi yang prima khususnya dalam kebersihan, itu sudah menjadi rahasia umum. Dan dilengkapi juga dengan air conditioner yang membuat kita lebih merasa nyaman dan tidak perlu kepanasan saat berbelanja meskipun dalam cuaca yang panas.

Itu dia informasi yang bisa kami sampaikan, terkait kenapa lebih suka belanja di Supermarket dan Minimarket pasti setiap orang memiliki pendapat masing-masing.

Meski demikian bentuk Supermarket dan Minimarket kebanyakan berasal dari investor asing, dengan begitu secara tidak langsung kita sudah menyumbang pendapatan kepada mereka. Harapan kami semoga kedepan pasar tradisional bisa lebih baik lagi dari segi tempat, layanan dan sebagainya supaya setara dengan konsep dagang masa kini sehingga mampu bersaing.

Add Comments


EmoticonEmoticon