Cara Membuat Martabak Mie Telur Sederhana

resep martabak mie telur
 

Martabak, merupakan salah satu camilan yang banyak disukai oleh banyak orang. Namun, seringnya, harga martabak yang enak, kebanyakan harganya tidak murah. Namun, ada alternatif kalau Anda sedang tidak memiliki uang, yakni dengan membuat martabak mie telur. Bagaimana cara membuat martabak mie telur?

Tenang, untuk membuat menu martabak mie telur sederhana yang satu ini mudah sekali. Bahan-bahannya pun juga murah dan gampang ditemukan di warung atau minimarket terdekat. Sebelum dijelaskan cara buat martabak mie telur yang enak, Anda harus siapkan bahan-bahannya dulu. Apa saja?

Bahan dan Cara Membuat Martabak Mie Telur


Martabak mie telur adalah varian dari martabak asin namun murah. Martabak jenis ini seringnya dibuat di rumah dengan mencampurkan mie dan telur lalu menggorengnya sekaligus dalam wajan, ini anti lengket lho.

Mengkreasikan mie dengan telur ini pun bisa menjadi alternatif mengolah mie dan telur agar tidak itu-itu saja menu makanan kita sehari-hari, sehingga keluarga pun juga tidak bosan. Lantas, apa saja bahan yang perlu disiapkan sebelum membuat martabak mie telur?

1. Bahan

Adapun bahan-bahan yang harus Anda siapkan adalah:

- 1 bungkus mie instan berbumbu ataupun mie telur tanpa bumbu
- 2 butir telur ayam atau bebek
- Bawang merah
- Bawang putih
- Daun bawang
- Cabai rawit
- Merica
- Royco jika Anda menggunakan mie telur tanpa bumbu
- Minyak goreng

Itu bahan-bahan yang harus Anda siapkan untuk membuat martabak mie telur sederhana. Selanjutnya, Anda bisa simak cara buat martabak mie sederhana dengan mudah berikut.
Baca resep lainnya : Cara Membuat Puding Coklat

2. Cara Membuat Martabak Mie Telur Krispi

Cara membuat menu ini sangatlah mudah, siapapun, orang yang tidak mahir masak pun dapat mencobanya. Bagaimana caranya?

  • Pertama Anda rebus terlebih dahulu mie instan atau mie telur yang telah Anda siapkan sebelumnya. Atau bisa juga Anda rendam ke dalam air panas. Jika sudah terlihat matang, silakan tiriskan terlebih dahulu
  • Iris tipis bawang merah, bawang putih, daun bawang, dan cabai sesuai selera, sisihkan dulu
  • Pecahkan telur ke dalam wadah
  • Masukkan bumbu mie instan atau royco ke dalam wadah berisi telur, lalu kocok
  • Masukkan irisan bawang putih, bawang merah, daun bawang, dan cabai, lalu kocok dan tambahkan sedikit merica. Cabai dan merica bisa Anda lewati jika martabak mie telur ini untuk camilan anak-anak
  • Jika semua sudah tercampur, masukkan mie yang sudah Anda tiriskan tadi, campur hingga merata
  • Panaskan wajan anti lengket dengan minyak secukupnya. Kalau ingin krispi, silakan gunakan minyak sedikit lebih banyak
  • Kalau sudah panas, tuangkan adonan martabak mie telur ke atas wajan dan ratakan
  • Kecilkan api, agar martabak mie telur bisa matang merata hingga ke dalam
  • Tunggu martabak mie telur kering dan kecoklatan pada bagian bawahnya, lalu bisa Anda balik untuk mematangkan sisi lainnya
  • Jika sudah kecoklatan, silakan angkat dan potong martabak mie sesuai selera
  • Selesai! Martabak mie telur siap disajikan.
  • Anda juga bisa mengkreasikan martabak mie telur ini, dengan menambah bahan-bahan yang Anda inginkan, misalnya kornet, sosis, taburan keju, atau sayuran lain seperti wortel, kol, dan lain-lain agar lebih sehat.


Bagaimana? Sudah paham cara membuat martabak mie telur? Resep yang sangat mudah bukan, membuat martabak mie telur ini? Anda bisa mempraktekkannya di rumah untuk lauk atau snack pengganjal perut. Semoga info kuliner tersebut bermanfaat! Terima kasih.

Add Comments


EmoticonEmoticon