Cara Membuat Siomay ala Rumahan dari Tepung Terigu

cara membuat siomay
 

Siomay merupakan salah satu makanan yang menjadi favorit banyak orang. Jajanan yang bisa Anda temukan di pinggir jalan ataupun di ruko-ruko ini juga bisa Anda buat sendiri dirumah lho. Bagaimana cara membuat siomay ala rumahan? Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

Cara Membuat Siomay Ala Rumahan

Jajanan yang identik dengan kota Bandung ini dapat Anda buat menggunakan berbagai bahan mulai dari ikan, ayam, udang, dan bahan lainnya. Namun Anda juga dapat membuatnya tanpa ikan. Citarasanya pun tetap gurih dan dijamin lezat.

Dengan membuat aneka jajanan ala rumahan, Anda juga dapat mengurangi jajan diluar rumah. Anak-anak pun akan senang bermain di rumah sambil menikmati hidangan yang dibuat oleh ibu mereka. Dengan begitu anak tidak akan jajan sembarangan dan tetap dalam pengawasan.

Berikut ini adalah resep siomay rumahan lengkap dengan bumbu kacang yang gurih dan nikmat.

1. Bahan-Bahan
Sebelum mulai memasak persiapkan beberapa bahan dibawah ini. Jangan sampai ada bumbu atau bahan yang tertinggal. Karena dengan bahan yang lengkap, makanan tentunya akan semakin lezat. Bahan-bahan tersebut dapat Anda beli di pasar ataupun warung terdekat.

● Tepung terigu sebanyak 150 gr
● Tepung beras sebanyak 50 gr
● Tepung tapioka 100 gr
● 400 ml air
● Tahu kopong 24 buah potong bentuk segitiga
● Minyak panas sebanyak 40 ml
● Bawang putih yang diblender kasar sebanyak 3 siung
● Daun bawang 1 batang
● Saus tiram 2sdm
● Kacang 3 sdm
● Minyak wijen sebanyak 1 sdm
● 1sdt garam
● 1sdm gula
● Lada bubuk sebanyak setengah sdt
● Kaldu jamur 2 sdt
● Putih telur 1 butir

2. Bahan Pelengkapan Masakan
Selain bahan utama terdapat pula beberapa bahan pelengkap yang dapat Anda tambahkan untuk menambah kelezatan masakan. Berikut ini adalah beberapa bahan pelengkap yang dapat Anda siapkan. Bahan pelengkap ini juga sangat mudah ditemukan di warung terdekat ataupun pasar tradisional.

● Telur rebus 2 butir
● Kentang rebus 2 buah dan potong-potong
● Kol sebanyak 3 lembar, gulung kemudian kukus sebentar
● Kecap manis
● Saus sambal
● Bawang goreng

Baca juga : Resep Membuat Cimol Bojot

3. Langkah Pembuatan
Setelah semua bahan telah siap, Anda dapat memulai langkah-langkah pembuatan siomay. Lakukan cara-cara berikut ini secara terurut agar masakan sukses dan memiliki rasa sesuai yang diinginkan. Perhatikan langkah pembuatan siomay kukus sederhana berikut ini.

  1. Masaklah air dengan campuran tepung terigu dan tepung beras. Aduk rata hingga terbentuk adonan siomay. Lalu jika sudah dinginkan.
  2. Siapkan wadah kemudian masukkan potongan daun bawang. Siram dengan minyak panas kemudian masukkan bawang putih kemudian aduk kembali hingga rata.
  3. Setelah itu Anda dapat memasukkan saus tiram, kecap asin, minyak wijen, gula, garam, lada, serta kaldu jamur. Aduklah semua bahan tersebut bersama adonan hingga merata.
  4. Langkah selanjutnya tambahkan putih telur dan tepung tapioka. Aduk kembali hingga merata.
  5. Kemudian Anda dapat menambahkan adonan tepung terigu dan tepung beras yang sudah dingin tadi. Campur hingga semuanya merata.
  6. Masukkan adonan tadi kedalam tahu isi berbentuk segitiga tadi. Isi sebanyak satu sendok.
  7. Setelah semua selesai Anda dapat memasukkan siomay kekukusan dan kukuslah hingga matang.
  8. Terakhir sajikan siomay bersama saus kacang ataupun saus sambal.


Jika Anda kurang menyukai bumbu kacang, bisa menggunakan saus sambal untuk pelengkap ketika memakan siomay ala rumahan ini. Siomay juga dapat dimakan langsung tanpa bahan pelengkap jika Anda menyukai cita rasanya yang original. Anda juga dapat menggorengnya sesuai dengan selera.

Mudah bukan membuat siomay rumahan tanpa ikan? Meskipun tanpa ikan siomay ini tetap lezat dan cocok untuk santapan keluarga di waktu santai. Cara membuat siomay ala rumahan ini dapat Anda terapkan untuk mengurangi anak-anak jajan diluar rumah. Silahkan mencoba.

Add Comments


EmoticonEmoticon