Resep Tahu Campur Khas Surabaya, Lezat Menggoda

resep tahu campur khas surabaya
 

Apa itu tahu campur Surabaya? Tahu campur merupakan makanan khas berkuah dengan tambahan daging sapi dan sambal petis. Makanan ini memakai lontong dan mie sebagai pelengkap. Cita rasa gurih manis yang khas membuat banyak orang penasaran tentang resep tahu campur khas Surabaya (Lamongan) yang satu ini.

Terlebih bagi Anda yang merupakan penggemar kuliner khas kaki lima ini. Pastinya Anda tidak ingin tertinggal perihal cara membuat olahan khas ini bukan? Berikut ini adalah rincian bahan serta langkah-langkah memasak hidangan khas kota Surabaya ini.

Resep Tahu Campur Khas Surabaya


Selain bisa membelinya di pedagang kaki lima, Anda juga bisa meracik sendiri makanan ini. Karena bahan-bahan yang digunakan cukup mudah ditemukan. Selain itu cara memasaknya pun cukup simple dan anti ribet.

Berikut adalah beberapa bahan serta bumbu yang Anda butuhkan dalam proses memasak tahu campur yang gurih manis dan lezat dari Surabaya ini.

Bahan-Bahan Tahu Campur Sederhana
Bahan berikut mencakup bahan dasar hidangan dan bumbu yang Anda perlukan dalam proses memasak. Hidangan ini memerlukan bumbu yang cukup umum dan mungkin saja sudah tersedia di rumah Anda. Atau Anda bisa juga membelinya di pasar ataupun warung terdekat.

Bahan Dasar:
- Tahu putih besar sebanyak 3 buah
- 500 gr mie kuning
- 100 gr tauge seduh
- Lontong sebanyak 4 buah

Bahan Kuah:
- Daging sapi sandung lamur 500 gr
- Air sebanyak 2 liter
- Gula merah seberat 30 gr
- 4 sdm kecap manis
- Lengkuas sepanjang 1 cm
- Daun jeruk 2 lembar
- Serai 1 batang, memarkan

Bumbu Halus:
- Bawang putih sebanyak 3 siung
- Bawang merah sebanyak 5 butir
- Kunyit sepanjang 2 cm
- Setengah sdt merica butiran
- Jinten setengah sdt
- Garam 1 sdm

Bahan Sambal Petis:
- Cabe rawit hijau sebanyak 10 buah
- Petis udang 5 sdm
- Garam setengah sdt
- Air hangat sebanyak 250 ml

Bahan Pelengkap :
- Bawang merah goreng
- Lento
- Kerupuk udang

Langkah Pembuatan

Anda dapat mengikuti langkah-langkah ini untuk membuat hidangan sederhana namun tak perlu ragu akan kelezatannya. Lakukan dengan sistematis dan terurut agar rasa tahu campur sesuai dengan ekspektasi Anda.

1. Berbicara perihal resep tahu campur Surabaya paling enak tentunya tidak berhenti di bahan-bahan saja. Hal terpenting ialah langkah-langkah pembuatan kuliner gurih manis ini. Untuk membuat olahan yang sempurna, Anda perlu mengikuti tata cara pembuatan berikut ini.

2. Langkah pertama ialah memasak kuah. Untuk membuat rasa kuah yang khas, rebuslah daging sandung lamur dengan air hingga keseluruhannya matang dan empuk.

3. Kemudian Anda dapat mulai menumis bumbu halus. Tumis hingga bumbu tercium harum dan matang. Jangan lupa untuk menambahkan lengkuas, serai dan daun jeruk. Lalu aduk semuanya hingga layu.

4. Setelah bumbu matang sempurna, angkat lalu masukkan ke dalam rebusan daging tadi. Tambahkan gula merah dan kecap. Perhatikan kuah apakah terlalu kental atau tidak. Jika teksturnya terlalu kental, Anda bisa menambahkan air. kemudian masak kuah tersebut hingga mendidih dan olahan bumbu meresap pada sandung lamur.

5. Langkah selanjutnya goreng tahu hingga setengah kering kemudian potong-potong. Siapkan piring dan taruh selada, potongan lontong, mie kuning dan tauge.

6. Kemudian Anda dapat menuang kuah dan potongan daging yang telah masak tadi. Taburkan bawang merah goreng sebagai pelengkap. Sajikan bersama sambal petis dan kerupuk udang. Hidangan siap Anda nikmati.

Baca resep lain:
- Cara Membuat Resep Choipan Khas Pontianak
- Resep Membuat Cimol Bojot, Cocok Untuk Jualan

Bagaimana resep tahu campur khas Surabaya? Mudah bukan, Anda dapat menyajikan hidangan ini menjadi 4 porsi. Hidangan ini juga merupakan olahan yang memiliki nilai gizi tinggi. Perpaduan antara protein daging dan sayuran menyeimbangkan rasa dan kaya manfaat.

Add Comments


EmoticonEmoticon