7 Tips Alami Menurunkan Berat Badan untuk Diet

tips alami turunkan berat badan
 

Memiliki berat badan yang ideal menjadi dambaan bagi setiap orang, terlebih mereka yang sedang menjalani yang namanya diet. Jelas sekali faktor utama adalah soal makanan yang kita konsumsi dan gaya hidup sehat alami menjadi momok penting untuk diperhatikan. Kan pecumah kalian sudah susuh payah olahraga secara rutin tapi tidak diimbangi dengan pola makan yang sehat dan teratur.

Sebagian tips menurunkan berat badan kita bisa memanfaatkan bahan alami misalnya seperti dengan kunyit, jeruk nipis, dan lainnya. Melakukan diet secara alami merupakan cara yang paling aman. Dari pada harus pergi ke dokter, memakai pil pelangsing, sedot lemak, itu kan memakan biaya yang tidak sedikit.

Berikut ini tujuh tips alami untuk menurunkan berat badan Anda.


1. Aktif bergerak / beaktivitas

Kalau seharian kamu seringnya duduk dan tiduran di rumah atau kerja kantoran. Mulai sekarang sebaiknya buang jauh-jauh hal itu. Semakin kamu malas gerak, tentu saja gak ada energi yang dikeluarkan oleh tubuh. Supaya aktif bergerak lakukan hal berikut,

Misalkan dengan berjalan kaki, mending kemana-mana jalan kaki dari pada pake motor. Jangan hanya duduk diam di depan televisi. Mulailah lakukan hal-hal yang kelihatannya remeh seperti keliling rumah sehingga harus berjalan kaki tiap pagi hari.

Baca Juga :
- Cara Mengatasi Mabuk Kendaraan Secara Alami
- 7 Makanan Alami yang Ampuh Menurunkan Kolesterol

2. Perbanyaklah minum air mineral

Air mineral sangat penting bagi tubuh kita. Yang akan membantu metabolisme tubuh, meningkatkan kinerja ginjal, membuang racun yang masuk dalam tubuh, membuat kulit tampak lembut dan cerah, dan tak kalah pentingnya yakni membantu meningkatkan kinerja otak. Selama proses penurunan berat badan sebaiknya sebelum makan minumlah satu gelas air mineral, sehingga porsi makan akan berkurang.

3. Jangan Biarkan Tubuh Kelaparan

Menurunkan berat badan atau diet bukan berarti menahan lapar. Jika hal itu dilakukan, nantinya malah balas dendam makan berlebihan.

Membiarkan perut hingga kondisi sangat lapar karena mau diet hanya akan membuat Anda semakin sulit menahan nafsu saat ada makanan. Sehingga, Anda akan melupakan diet alami dengan konsumsi makanan sehat dan malah memakan apapun yang ada di depan mata.

Oleh karena itu selalu sediakan bekal makanan sehat di dalam tas Anda saat bepergian. Makanan porsi kecil tapi bergizi tinggi itu lebih baik dari pada menunda waktu makan.

4. Konsumsi makanan kaya serat

Contoh makanan yang mengandung banyak serat antara lain kacang polong, alpukat, pisang, pepaya, brokoli, kubis, pir, jagung, dan juga beras merah.

Adapun Manfaat makanan kaya serat adalah :
- Dapat membantu proses detoksifikasi dalam tubuh, Membantu menurunkan berat badan, Menurunkan kolesterol tinggi, Membersihkan saluran pencernaan, Melindungi tubuh dari penyakit usus besar, Menghindarkan endapan lemak pada pembuluh darah, Mengendalikan gula darah, Memperlambat penyerapan glukosa

5. Minum air jeruk nipis

Buah jeruk nipis memiliki banyak manfaat positif bagi kesehatan tubuh kita. Dengan meminum air jeruk nipis tiap pagi hari, akan membantu menurunkan berat badan dengan cepat. Kita tahu bahwa Jeruk nipis kaya akan vitamin C, hal tersebut akan bekerja menyerap kalsium dalam sel-sel lemak, sehingga berat badan turun.

Menurunkan berat badan secara alami dan sehat memang tidak terlalu ketat dan menyiksa, Tapi tetap saja dibutuhkan komitmen tinggi agar berat badan dapat turun secara berkala dan memiliki efek jangka lama.

6. Hindari snack dengan kandungan gula tinggi

Kalau kamu sering ngemil mulai sekarang harus selektif. Dengan cara menghindari mengonsumsi makanan dengan kandungan gula yang tinggi. Selalu lihat dan baca tabel gizi yang ada pada setiap kemasan snack yang akan Anda makan atau minum.

Adapun mengonsumsi makanan yang mengandung gula secara berlebih memiliki banyak risiko seperti diabetes, kolesterol tinggi, kecanduan ingin makan manis, obesitas, gigi berlubang dan penyakit lainnya.

7. Berikan Tidur Yang Cukup untuk Tubuh Anda

Memang salah satu aktivitas yang bisa menurunkan berat badan adalah olahraga. Tapi jangan salah sangka, jika tidur pun salah satu bagian dari diet alami.

Tubuh kita memang membutuhkan olahraga, tapi jangan lupa untuk memulihkan tenaga kembali dengan beristirahat seperti tidur yang cukup. Telah banyak penelitian yang menyebutkan kebiasaan kurang tidur dapat menimbulkan banyak kerugian untuk tubuh kita, resiko diabetes misalnya. ini tentu bisa menjadi penghambat metabolisme tubuh sehingga tidak maksimal.

Supaya tubuh Anda mendapatkan regenarasi maksimal, mulai sekarang perbaiki gaya hidup Anda dengan tidur yang cukup, misalnya 6 sampai 8 jam sehari. Dengan demikian, metabolisme tubuh Anda akan ikut diperbaiki sehingga berat badan jadi ideal.

Akhir kata
Menitinfo.com mengucapkan terima kasih, Anda telah mengikuti tips dari kami tentang cara alami menurunkan berat badan untuk kalian yang sedang menjalani diet. Semoga ini menjadi salah satu solusi yang bagus buat Anda semua.

Add Comments


EmoticonEmoticon