Ini Jajanan Anak SD 90an, Resep Cara membuat Es Gabus Pelangi

cara membuat es gabus pelangi
 

Siapa nih yang kangen sama jajanan jaman dulu yang satu ini, pastinya kalian yang lahir tahun 90an tidak asing lagi dengan yang namanya Es Gabus Pelangi. Kalau tidak salah dulu jajan tersebut dijual dengan harga 100 rupiah, waktu aku masih duduk di bangku sekolah dasar.

Buat kalian yang pengen nostalgia serta mengobati rasa kangen masa kecil, maka kita bisa membuat es gabus pelangi sendiri di rumah. Terlebih buat ibu-ibu yang sekarang menjalani WFH bisa jadi momen terbaik bersama anak, sambil membuat Es Gabus diiringi cerita masa lalu kan tambah syahdu :).

Cara membuatnya sangat simple, Bunda atau Ibu-Ibu di rumah bisa membuat dengan hasil yang lembut kalau nantinya mau dibuat untuk jualan. Yuk! Kita ikuti resep dan langkah-langkah berikut ini di rumah nantinya bisa untuk semua anggota keluarga.

Bahan-bahan:

- 150 g tepung hun kwee
- 750 ml santan/susu
- 200 g gula pasir
- sedikit garam
- pewarna makanan

Tepung Hun Kwee merupakan pati kacang hijau, warnanya putih dan biasanya dikemas dari kertas berbentuk silinder, berat 150 gram per kemasan. Aroma, rasa dan tekstur tepung ini setelah dimasak khas banget, beda dari tepung-tepung lainnya.

Cara Membuat Es Gabus Pelangi


  1. Pertama kita siapkan tepung hun kwee, gula pasir, garam, serta santan. Campurkan bahan-bahan tersebut dan aduk hingga rata.
  2. Lalu kita bagi adonan menjadi 3 bagian, beri warna masing-masing (merah, kuning hijau)
  3. Masak 1 bagian (warna merah) dengan api yang kecil saja, sambil diaduk hingga meletup-letup. Matikan api ketika adonan sudah mengental, berat sewaktu diaduk, tapi masih bisa dituang.
  4. Tuangkan adonan merah ke dalam loyang yang sudah dialasi dengan plastik tebal. Ratakan dan sisihkan dahulu.
  5. Sementara menunggu lapisan merah dingin, kita masak adonan berikutnya (kuning) hingga meletup-letup.
  6. Tuang adonan kuning di atas adonan merah.
  7. Begitu juga dengan adonan selanjutnya yakni (hijau).
  8. Biarkan adonan padat di suhu ruang selama kurang lebih 30 menit.
  9. Lalu simpan di dalam kulkas selama 15 menit (bukan freezer), supaya mudah dipotong.
  10. Potong lapis pelangi, bungkus dengan plastik serta bisa dikasih stik es krim, lalu simpan di dalam freezer hingga beku.
  11. Es Gabus siap disajikan.


Nah, itulah cara membuat Es Gabus Pelangi yang bisa kalian coba di rumah. Hidangkan waktu siang hari saat cuaca panas pasti mantab sekali. Selamat mencoba…

Add Comments


EmoticonEmoticon