Cara Membuat Pancake Pisang Sederhana

Cara Membuat Pancake Pisang

Pancake pisang adalah salah satu menu dessert yang paling populer dan disukai oleh semua kalangan. Anda bisa menjadikan menu ini untuk sarapan dan juga sekedar cemilan saat bersantai dengan minum teh. Berikut ini adalah beberapa resep disertai cara membuat pancake pisang sederhana.

Resep dan Cara Membuat Pancake Pisang Sederhana


Anda semua tentu sudah paham betul bahwa pisang memiliki segudang manfaat untuk tubuh, bukan? Apalagi jika diolah menjadi pancake, dijamin semakin enak dan bikin nagih. Sudah tidak sabar ingin membuatnya sendiri? Ikuti resep berikut!

1. Pancake Pisang Oatmeal Tanpa Tepung


Bahan:
- 2 buah pisang ambon
- 2 butir telur ayam
- Oatmeal 8 sendok makan (merk bebas)
- Mentega cair 1 sendok makan
- Gula pasir sesuai selera

Cara membuat:

  • Haluskan pisang hingga halus dan bisa dicampur menjadi adonan.
  • Campurkan pisang yang sudah dihancurkan tadi dengan telur, oatmeal, mentega cair, dan juga gula hingga menjadi adonan yang kental.
  • Panaskan teflon dan oleskan margarin atau mentega di atasnya.
  • Masak adonan tadi di atas teflon hingga adonan matang dan kecoklatan.
  • Tambahkan topping sesuai dengan selera.

 

Baca juga : Resep Membuat Bolu Pisang


2. Pancake Pisang Tanpa Telur


Bahan:
- 2 buah pisang raja yang sudah matang
- Tepung terigu 3 sendok makan
- Susu full krim secukupnya
- Gula pasir (takaran sesuai selera, jika sedang diet bisa dihilangkan)
- Margarin atau mentega
- Vanila bubuk atau vanila ekstrak setengah sendok teh
- Topping bebas (opsional, sesuaikan dengan selera masing-masing)

Cara membuat:

  • Hancurkan pisang dengan garpu atau dengan blender hingga halus dan berbentuk seperti pasta.
  • Campur pasta pisang yang sudah hancur dengan semua bahan (tepung terigu, susu, gula, vanila), dan aduk semua hingga merata.
  • Setelah adonan sudah teraduk dengan rata dan berbentuk agak kental, panaskan teflon dengan api yang tidak terlalu besar.
  • Oleskan mentega di atas teflon dan tuang adonan secara perlahan hingga membentuk bentuk dan ukuran pancake yang diinginkan.
  • Masak adonan hingga lembut dan berwarna coklat keemasan pada sisinya.
  • Pancake pisang sudah siap dinikmati. Lebih nikmat lagi jika ditambah dengan topping madu atau buah-buahan lainnya seperti buah stroberi.


Sarapan dengan Pancake Pisang Membuat Tubuh Lebih Sehat


Idealnya, setiap hari kita harus memberikan tubuh kita nutrisi sehat yang didapatkan dari buah-buahan. Namun hal tersebut mungkin akan sulit sekali dilakukan, terutama bagi Anda yang kurang suka dengan rasa buah-buahan.

Anda bisa menyiasati hal tersebut dengan mengkonsumsi pancake pisang yang penuh manfaat dan vitamin yang menyehatkan. Pisang memang merupakan salah satu buah bervitamin tinggi yang paling mudah untuk ditemui dan banyak dikonsumsi.

Namun jika mengkonsumsi buah pisang secara langsung setiap harinya mungkin akan terasa membosankan. Cara membuat pancake pisang sederhana ini bisa Anda kreasikan sendiri sesuai selera, bisa juga ditambah topping buah-buahan lainnya seperti strawberry, blueberry, dan lain-lain.

Selain vitamin yang berasal dari pisang, adonan pancake yang terbuat dari tepung, telur dan juga susu merupakan beberapa bahan penting yang bisa memberikan banyak sekali manfaat untuk tubuh Anda. Pancake pisang ini juga bisa dijadikan sebagai MPASI.

Walaupun begitu, penting untuk tetap menjaga kadar asupan gula dalam pancake. Mengkonsumsi pancake yang terlalu manis setiap harinya juga tidak baik untuk tubuh dan dapat menyebabkan diabetes.

Akhir Kata

2 cara membuat pancake pisang sederhana di atas merupakan contoh dari beberapa resep pancake yang bisa Anda coba sendiri di rumah sebagai menu sarapan atau cemilan Anda. Tentunya menu ini bisa menjadi menu andalan yang mudah dibuat dan juga sederhana.

Add Comments


EmoticonEmoticon