3 Resep Cara Membuat Cireng, Makanan Sederhana tapi Lezat

3 Resep Cara Membuat Cireng, Makanan Sederhana tapi Lezat

Kamu merasa nostalgia apa tidak ketika membeli jajanan khas waktu masih duduk di bangku sekolah dasar / SD. Nama makanannya Cireng, ada lagi selain itu mungkin kamu juga sering beli Cilok pas sekolah.

Cara membuat Cering bisa dibilang sederhana, masakan tersebut merupakan singkatan dari aci goreng. Berdasarkan info yang kami peroleh, Cireng adalah jajanan khas Bandung yang kemudian banyak digemari seluruh penjuru Tanah Air.

Kalau kamu sering menjumpai di pinggiran jalan kemudian membeli, artinya kamu pernah merasakan rasanya makan Ciring. Biar tambah pengalaman baru bagaimana kalau kita mencoba bikin resep cara membuat Cireng yang lezat.

cara membuat cireng
 
Bahan dasarnya tidak begitu banyak dan pembuatannya juga tidak ribet. Secara umum Cireng dibuat dari bahan dasar tepung kanji dan tepung tapioka. Kemudian kalau sudah jadi biasanya cireng akan disantap sama saus sambal, bumbu kacang, bumbu rujak, balado, atau jenis sampal lainnya asal pedas. Biar tidak semakin ngiler lagi yuk simak rerepnya berikut ini.

Cara Membuat Cireng


Sahabat keluarga di rumah, bahwa Cireng bisa kita bikin dalam berbagai versi dengan campuran tambahan berbeda-beda.

Cireng keju dan Sosis


Bahan:
- tepung kanji 250 gram
- daun bawang 1 batang, iris halus
- sosis ayam 5 buah, cincang
- tepung terigu 100 gram
- bawang putih 2 siung, haluskan.
- garam 1 sdt
- seledri 1 batang, iris halus
- penyedap rasa ayam 2 sdt
- keju 1 sachet, potong dadu
- saus sambal atau tomat sesuai selera.

Cara membuatnya
1. Mula-mula kita tuang tepung kanji dan terigu ke dalam wadah, lalu tambah bawang putih halus, daun bawang, serta seledri, penyedap rasa, dan garam. Aduk rata.
2. Tuangkan air secara perlahan sambil diaduk hingga adonan kalis dirasa hingga adonan mulai bisa dibentuk.
3. Berikutnya ambil sedikit adonan, bentuk pipih kemudian masukkan sosis dan keju. Atau bisa juga kamu pisah isiannya sesuai selera masing-masing.
4. Bentuk bulat-bulat seperti membuat bakso hingga isian tertutup.
5. Dan cireng isi siap untuk digoreng hingga matang.

Jangan lupa sajikan pas masih hangat bersama saus pedas, sambal kacang, atau sambal lainnya.

Cireng Salju


Berikutnya adalah resep cara membuat cireng salju, bahan dan langkah-langkah cara membuat cireng simak berikut ini.

Bahan:
- tepung tapioka 1/4 kg
- daun bawang 1 batang, iris halus
- penyedap rasa ayam 2 sdt
- bawang putih 2 siung, haluskan
- air bersih 250 cc
- santan instan (kara) 1/2 bungkus
- garam 1 sdt

Cara membuatnya
a. Pertama, masukkan tepung tapioka ke dalam wadah, lalu beri bawang putih halus, irisan daun bawang, penyedap rasa, dan juga garam. Aduk hingga rata. Sisihkan dahulu.
b. Berikutnya rebus air, tuangkan santan. Tunggu hingga mendidih.
c. Tuangkan santan kara ke dalam adonan secara perlahan sambil  kamu aduk hingga adonan kalis sempurna.
d. Bentuk adonan sesuai selera, bisa bulat ataupun pipih.
e. Dan goreng cireng hingga matang seperti crispy.

Cireng Bumbu Rujak


Bahan:
- tepung terigu 50 gram
- garam 2 sdt
- penyedap rasa ayam 1 sdt
- seledri 2 batang, iris halus
- tepung kanji 250 gram
- daun bawang 2 batang, iris halus
- bawang putih 3 siung, haluskan
- merica bubuk 1 sdt

Bahan sambal:
- asam jawa 1 sdm
- garam 1 sdt
- cabai rawit 4 buah
- gula aren 3 sdm
- terasi 1/2 sdt
- air matang 50 cc

Cara membuat:
1. Campur tepung kanji dan tapioka. Lalu beri daun bawang, seledri, bawang putih, penyedap rasa ayam, merica, dan garam.
2. Tuangkan air panas sedikit demi sedikit sambil kamu aduk atau diuleni hingga kalis. Bentuklah adonan sesuai selera Anda.
3. Goreng cireng ke dalam minyak mendidih hingga matang rata. Tiriskan dan sisihkan dahulu.
4. Berikutnya kamu haluskan semua bahan sambal.
5. Siapkan air mendidih. Lalu tuang bumbu bahan sambal.
6. Terakhir siramkan bumbu rujak ke cireng yang telah digoreng.
Cireng siap disantap…Emm Lezat

Itu dia resep cara membuat cireng, semoga bermanfaat.
Baca juga : Resep Membuat Kue Putri Salju
Resep Cara Membuat Dalgona Coffee tanpa Mixer

Resep Cara Membuat Dalgona Coffee tanpa Mixer

Ternyata resep membuat Dalgona coffee tengah ramai diperbincangkan di media sosial, sehingga kami juga tertarik untuk mempelajarinya. Hanya dengan peralatan seadanya bahkan tanpa mixer kita sudah bisa menyajikan minuman Dalgona coffee yang lezar.

Dengan tampilan coffee dengan warna seperti puding coklat dan putih susu cukup menarik hingga trending. sehingga banyak yang mencari bagamana cara membuat sebuah Dalgona coffee. Selain memiliki rasa yang lezat, cara membuat dalgona coffee atau kopi dalgona ini cukup mudah dan tidak ribet. Kita cuma perlu teknik mengocok atau mencampur bahan secara cepat hingga lembut.

Bikin tambah penasaran memang, bagi kalian yang memiliki mixer bisa gunakan itu. Namun untuk kamu yang tidak punya mixer, tenang saja tetap bisa kok membuat dalgona coffee ini dengan mudah.

Saat cuaca panas minuman ini jadi rekomendasi untuk kalian sambil berjemur ditemani segelas dalgona coffee. Saat diminum sensasi lembut, manis, dingin bersatu padu akan melepas dahaga lidah dan tenggorokan kalian. Buat buka puasa juga cocok dan mantab sekali.

cara membuat dalgona coffee

Resep Membuat Dalgona Coffee


Untuk membuat menu yang lagi populer ini, kamu bisa siapkan sejumlah bahan yang memang tidak begitu sulit didapatkan. Bahan-bahannya antara lain:

- 2 sdm bubuk kopi hitam instan,
- 2 sdm gula pasir,
- 2 sdm air panas,
- Susu almond, 400 ml krimer cair.

Kemudian sesudah kamu siapkan bahan-bahan di atas, selanjutnya adalah proses pembuatannya. Berikut ini langkah-langkahnya,

  1. Siapkan mangkuk, kemudian masukkan kopi hitam instan ke dalam mangkuk. Tambahkan gula pasir serta air pas 2 sendok makan.
  2. Kocok bahan-bahan tersebut menggunakan mixer atau kocokan telur secara manual hingga berbusa dan berubah warna menjadi coklat muda dengan tekstur creamy.
  3. Siapkan gelas yang berisi es batu bila ingin disajikan secara dingin. Lalu tuangkan susu almond serta krimer cair ke dalam gelas berisi es batu tersebut.
  4. Selanjutnya tuangkan kocokan coffee diatas segelas susu dan krime tadi, serta tambahkan bubuk matcha atau coklat untuk kreasi toping kopi ini.
  5. Bila ingin membuat dalgona coffee dalam keadaan panas, kamu bisa memanaskan susunya terlebih dahulu. Jika ingin menghindari kandungan lemak berlebih, kamu bisa memilih jenis susu rendah lemak.
Secara umum Dalgona coffee belum adanya penelitian tentang khasiat minumat ini, akan tetapi kalau dilihat dari kandungan bahan minuman ini bisa meningkatkan energi, baik untuk kesehatan tulang, menambah protein, dan juga mengurangi resiko penyakit kronis.

Selain pake kopi mungkin tidak semua orang menyukai, kamu bisa mengganti dengan bahan lain seperti milo, maka jadinya Dalgona Milo.

Resep Dalgona Milo


Bahan:
- 2 sdm gula pasir
- 1 sdm susu bubuk cokelat
- 1 bungkus milo
- 2 sdm air panas
- 250 ml susu full cream
- 1/2 sdm ovalet
- es batu secukupnya

Cara membuat:
1. Campurkan seluruh bahan kecuali susu full cream, aduk rata dengan cepat sampai mengental.

2. Siapkan es batu dan susu uht cair di dalam gelas. Tuang adonan tadi. Beri toping susu bubuk cokelat milo di atasnya.

Itu dia resep membuat Dalgona Coffee, semoga menambah wawasan serta bermanfaat ya.

5 Resep Membuat Kolak Pisang yang Sederhana tapi Enak

5 Resep Membuat Kolak Pisang yang Sederhana tapi Enak

Tak terasa ya bulan suci Ramadhan kembali hadir, sebagai umat muslim sangat gembira sekali. Rasa syukur terus kami panjatkan demi menyambut bulan yang penuh berkah ini.

Mengenai bulan puasa satu hal yang pasti dinanti-nanti adalah makanan khas untuk berbuka biasanya selalu ada kolak. Dan kolak menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia, apalagi saat Ramadan seperti ini.

Sebelum menyicipi makanan lain, kolak menjadi takjil favorit dan menarik perhatian utama ketika berbuka. Memiliki rasa yang manis, kolak juga segar sehingga bakal membantu melepas dahaga setelah seharian berpuasa. Tak heran ini akan sedikit menunda rasa ingin makan setelah menyantap semangkuk kolak pisang.

Tak hanya dari kualitas rasanya saja, namun dari jenis bahannya pun menjadi daya tarik masyarakat. Kita dapat menjumpai kolak dalam berbagai jenis, mulai dari kolak pisang, ubi, hingga kolak labu. Melihat perkembangan yang begitu pesat terhadap jenis makanan ini, tak sedikit orang penasaran dengan proses pembuatannya.

Jika biasanya kamu enggan membuat sendiri dan merasa lebih praktis kalau membeli. Coba deh sesekali membuat kolak sendiri, mungkin rasanya akan jauh lebih enak dan yang pasti kebersihan dan kesehatan lebih bisa terjaga.

Terlebih sekarang dengan adanya wabah virus Covid-19, lebih baik di rumah aja bersama keluarga membuat kolak pisang. Akan tetapi kalau kamu bingung bagaimana cara membuatnya, berikut beberapa resep kolak pisang yang sederhana bisa kamu coba buat di rumah. Praktis dan mudah banget kok. Sepertinya enak?

1. Kolak pisang ubi ungu

kolak pisang ubi ungu

Dengan tampilan warna ungu, kolak tersebut menurut kami yang paling menarik. Kolak ubi ungu memiliki rasa yang cukup enak untuk dinikmati. Jenis kolak satu ini juga banyak diburu lho. Berikut cara membuatnya.

Bahan-bahan:
- 500 gr pisang uli
- 250 gr ubi ungu
- 500 gr singkong
- 1300 ml santan encer
- 200 ml santan kental
- 200 gr gula pasir
- 1 sdt garam
- 1 sdt vanili bubuk
- 3 lembar daun pandan, sobek-sobek simpulkan

Cara membuatnya:
- Rebus singkong bersama santan encer dan daun pandan hingga empuk. Masukkan ubi ungu, masak hingga matang.
- Masukkan santan kental, aduk rata. Masukkan gula, garam dan vanili. Masak sambil diaduk hingga mendidih.
- Terakhir masukkan pisang, aduk rata masak hingga matang sambil diaduk supaya santan tidak pecah. Angkat dan sajikan.

2. Kolak pisang singkong dan nangka

Campuran pisang, singkong, dan nangka menjadi jenis kolak. Ini selain rasanya yang enak, cara membuatnya juga sangat sederhana. Berikut cara membuatnya.

Bahan-bahan:
- 350 gr telo ungu
- 200 gr telo kuning
- 200 gr nangka
- 200 gr pisang kepok
- 150 gr gula merah
- 200 gr gula pasir
- 1/2 sdt garam
- 1 btr bawang merah, geprek
- 600 ml santan

Cara membuatnya:
- Kupas telo, cuci dan potong sesuai selera, kukus hingga empuk, angkat, sisihkan.
- Kupas pisang dan potong
- Nangka dibuang bijinya, potong
- Sisir gula masukkan dalam santan bersama bawang merah, pisang, nangka dan garam.
- Masak hingga santan hampir mendidih.
- Tambahkan telo kukus tadi.
- Aduk berlahan, tunggu santan mendidih.
- Kolak siap disajikan.

3. Kolak pisang kepok

Kolak pisang kepok bisa jadi pilihan kamu jika tak ingin dicampur dengan apapun. Berikut cara membuatnya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
- 7 buah pisang kepok
- 200ml santan
- 300 ml air
- 4 balok kecil gula merah
- Gula pasir
- Garam
- 3 lembar daun pandan

Cara membuatnya:
- Rebus air, santan, daun pandan, hingga mendidih, masukkan gula merah, gula pasir dan garam secukupnya. Sambil aduk sesekali ya.
- Setelah mendidih masukkan pisang kepok. Cicipi rasanya. Jika manis sudah pas Tunggu sampai pisang matang.
- Kolak siap disajikan.

4. Kolak pisang labu kuning

Ingin kolak pisang tambah makin segar? Campurkanlah pisang dan labu menjadi suatu yang tepat. Keduanya memiliki rasa yang cukup enak, tak heran ini sering jadi takjil favorit berbuka puasa. Cara membuatnya sebagai berikut.

Bahan-bahan yang diperlukan:
- 8 Buah pisang raja matang, kupas, potong serong
- 300 gr labu kuning, kupas, potong kotak
- 200 ml santan, kental sedang
- 800 ml air
- 2 Lembar daun pandan, ikat simpul
- Gula pasir sesuai selera
- Garam sedikit, penyeimbang rasa

Cara membuatnya:
- Rebus air, gula pasir dan pandan sampai menididih.
- Masukkan labu kuning, masak hingga setengah matang kemudian masukkan pisang.
- Tambahkan santan, masak sampai pisang dan labu matang. Jangan lupa sesekali diaduk supaya santan tidak pecah.
- Kolak siap disajikan.

Baca juga : Resep Masakan Jantung Pisang Pedas

5. Kolak pisang mutiara

Sudah tak asing lagi dengan jenis kolak yang satu ini bukan? Rasanya juga tak perlu diragukan lagi dengan campuran sagu dan pisang. Berikut cara membuat kolak pisang mutiara.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
- 8 buah pisang kepok
- 1 bungkus sagu mutiara rebus di air yang sudah mendidih sampai berwarna bening
- Gula merah secukupnya, rebus dengan sedikit air lalu saring
- Gula pasir 1 sdm
- 1/2 sdt garam
- Santan segar 750-1000 ml
- 1 butir telur + sedikit air (dikocok)
- 2 lembar daun pandan

Cara membuatnya:
- Rebus santan bersama garam dan daun pandan sampai mendidih dengan api sedang sambil diaduk sesekali agar santan tidak pecah
- Masukkan potongan pisang dan air rebusan gula merah serta gula pasir masak dan aduk kembali
- Setelah pisang cukup matang masukkan sagu mutiaranya
- Terakhir masukkan kocokan telur sedikit demi sedikit sambil diaduk agar hasilnya berserat dan kuahnya sedikit mengental
- Kolak siap disajikan.

Itu dia beberapa resep membuat kolak pisang yang sederhana tapi enak untuk santapan waktu buka puasa.
6 Variasi Masakan dari Telur bisa Kamu Coba Buat Buka Puasa

6 Variasi Masakan dari Telur bisa Kamu Coba Buat Buka Puasa

Setelah menjalankan ibadah Puasa seharian, tentu saja sangat menanti datangnya waktu yang selalu ditunggu-tunggu yakni berbuka puasa. Biasanya kan orang-orang berpuasa yang menggungu adzan madhrib tiba (ngabuburit) ada yang tadarus Al-Qur’an, jalan-jalan, hingga menyiapkan makanan khususnya para ibu rumah tangga.

Pas bangat bagi kamu yang suka masak untuk persiapan buka puasa di rumah. Mungkin kamu belum punya rencana buka puasa dengan menu apa hari ini? Maka bisa mencaba salah satu dari 6 variasi masakan telur.

Telur merupakan bahan makanan yang mudah didapat dan diolah, harganya pun masih tergolong ramah di kantong terlebih memiliki kandungan protein yang tinggi. Tubuh kita yang telah menjalankan puasa full seharian tentunya membutuhkan asupan makanan yang bergizi salah satunya ya telur.

Kalau kamu sudah bosan dengan telur rebus, ceplok ataupun dada yang biasar, coba intip 6 menu buka puasa berbahan dasar telur berikut ini. Dan mungkin akan menambah ide masakan baru dari telur setelah melihat lalu mencoba beberapa variasi dibawah ini.


1. Telur orak-arik sayur


Selain telur dadar, telur dimasak orak-orik dengan sayur juga menarik kok.
Kalian bisa menambahkan lagi dengan brokoli, wortel, daun bawang dan sayur kol yang dipotong halus.

2. Telur dadar dengan banyak campuran


Supaya tidak bosan dengan telur dadar yang monoton, coba tambahkan kornet, daun bawang, dan wortel.

Dihidangkan dengan nasi hangat dan segelas susu akan menambah asupan serat saat berbuka puasa, bagaimana? Mantab bukan.

3. Sandwich isi telur



Tidak selalu disantap dengan nasi, telur juga lezat dijadikan isian sandwich, coba praktekkan saja deh. Kelihatannya lebih simple dengan potongan segi tiga yang menarik.

4. Telur dengan salad sayuran


Telur dimasak setengah matang dihidangkan dengan semangkuk salad sayur seperti ini cukup memenuhi asupan gizi untuk menu buka puasa kalian bareng keluarga.

5. Telur disemur dengan tahu


Telur dimasak kuah semur dengan tahu juga cocok buat kamu yang tidak terlalu suka konsumsi sayur. Terlebih kadang anak-anak ada yang kurang menyukai sayur, nah mungkin telur semur tahu bisa jadi penggantinya.

6. Telur dadar kentang


Kalau bikin resep yang satu ini, kamu nggak perlu lagi masak nasi karena ada kentang sebagai penggantinya. Kebutuhan akan protein dan karbohidratmu jadi terpenuhi. Telur dadar kentang ini hanya membutuhkan beberapa campuran mulai dari kentang, daun bawang, seledri, dan sosis.

➧ Sebelum menyantap hidangan, jangan lupa berdo'a Buka Puasa dan Niat Puasa Ramadhan

Untuk menu tambahan makanan pendamping lain seperti buah dan susu, ya Sobat. Yang terpenting tetap perhatikan asupan gizi dan nutrisi terjaga selama berpuasa supaya tetep kuat dan lancar menjalankan ibadah.

Tak hanya untuk buka, 6 varian tersebut juga bisa kamu gunakan saat sahur, biar tambah semangat selalu kasih menu dengan tampilan yang baru.
Belalang Goreng, Kuliner Wajib yang Harus Dicoba Saat Mudik ke Gunung Kidul

Belalang Goreng, Kuliner Wajib yang Harus Dicoba Saat Mudik ke Gunung Kidul

Saat mudik lebaran, Gunung Kidul merupakan salah satu daerah yang paling banyak dituju oleh orang-orang untuk mudik. Kondisi kemacetan yang cukup panjang sudah sering sekali terjadi pada saat musim lebaran tiba. Namun hal tersebut tidak membuat banyak orang bosan. Karena pada saat macet seperti inilah momen perjalanan mudik lebaran akan terasa sangat menyenangkan.

Hal ini disebabkan karena di sekitar jalanan menuju Gunungkidul terdapat para pedagang kuliner yang siap menjadi teman mudik. Kuliner yang dijual juga sangat unik, yaitu “Belalang Goreng.” Kamu semua tentunya penasaran kan dengan kuliner yang satu ini. Makanya, sekali-sekali mudik ke Gunungkidul ya biar kamu bisa merasakan nikmatnya kuliner Belalang Goreng.

Para pedagang kuliner yang berjualan di sekitaran jalan menuju Gunungkidul juga menjual beraneka ragam kuliner hewani. Diantaranya ayam goreng, lele goreng, dan juga bebek goreng. Namun yang menjadi primadona tetap belalang goreng. Karena keunikan kuliner belalang gorenglah yang menyebabkan banyak para pemudik yang rela menghabiskan banyak waktunya untuk sekedar makan kuliner yang ada di sekitaran jalan menuju Gunungkidul.

belalang goreng

Soal rasa, kamu nggak perlu ragu. Meskipun terkesan aneh, namun cita rasa belalang goreng sangatlah nikmat. Selain itu rasanya juga renyah, krispi, dan sedikit mirip udang. Kita semua pasti sudah tahu bahwa belalang merupakan hama bagi tanaman yang memiliki banyak sekali kandungan protein. Protein juga merupakan salah satu kandungan zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. So, kamu nggak perlu takut ya guys untuk makan belalang goreng!

Bagi orang-orang yang baru pertama kali mengenal belalang goreng, tentu hal yang pertama kali terlintas di pikiran adalah rasa jijik. Mengingat hewan yang satu ini sangat aneh sekali dijadikan sebagai makanan. Di Gunungkidul sendiri, belalang sudah menjadi lauk makan yang sudah tidak heran lagi untuk dimakan. Mengingat rasanya yang sangat enak, akhirnya masyarakat yang ada di Gunungkidul berlomba-lomba untuk membuka usaha kuliner belalang goreng.

Belalang yang digoreng juga tidak sembarangan. Kebanyakan belalang yang dioleh menjadi makanan yaitu belalang kayu yang banyak ditemui di dahan pohon jati dan juga semak-semak yang ada di Gunungkidul. Belalang goreng juga sudah terbukti layak konsumsi. Jadi, bagi kamu yang punya jadwal mudik ke Gunungkidul, sempatkanlah untuk mampir ke warung kuliner yang tersedia di sekitaran jalan menuju Gunungkidul untuk menikmati sedapnya kuliner belalang goreng.

Belalang goreng yang dijual juga punya banyak varian rasa. Ada yang gurih, pedas, dan juga manis. Ternyata eh ternyata, belalang goreng juga sudah tersedia di berbagai toko online yang ada di Indonesia loh! Jadi bagi kamu yang kepengen makan belalang goreng namun nggak bisa pergi ke Gunungkidul, kamu tetap bisa kok menikmatinya dengan memesan di toko-toko online yang ada di Indonesia.

Harga belalang goreng yang dijual juga tidak terlalu mahal kok dan sangat terjangkau sekali bagi kamu yang ingin makan enak namun minim budget. Untuk 1 porsinya dijual dengan harga 30 hingga 40 ribuan saja. Lumayan terjangkau kan? Belalang goreng juga sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh. So, bagi kamu yang mau berkunjung ke Gunungkidul, jangan lupa untuk beli oleh-oleh belalang goreng ya. Belalang goreng juga sangat asik dinikmati bareng teman-teman dan juga keluarga.

Baca juga : 4 Tips Menghindari Kemacetan Saat Traveling
Itulah sedikit pembahasan tentang belalang goreng, kuliner wajib yang harus dicoba saat mudik ke Gunungkidul. Bagaimana guys, apakah kamu tertarik untuk mencoba kuliner belalang goreng?
Resep Membuat Kue Putri Salju Yang Enak Dan Lumer Di  Mulut

Resep Membuat Kue Putri Salju Yang Enak Dan Lumer Di Mulut

Kue putri salju merupakan jenis camilan kering, dan biasanya disajikan pada momen hari raya. Tapi bukan berarti pada hari biasa tidak boleh dibuat. Ia akan tetap nikmat untuk disuguhkan pas kita tengah punya acara keluarga atau semacam arisan, bersama minuman lain, wah mantap sekali.

Cara membuatnya, ada versi berbagai cara. Terkadang ada yang menambahkan kuning telur, ada yang enggak. Begitupun dengan tambahan susu cair atau susu bubuk, ada yang diberi dan adapula yang tidak. Tapi semua kembali ke selera pembuatnya masing-masing.

Menyoal dari judul di atas yakni Resep Membuat Kue Putri Salju Yang Enak Dan Lumer Di Mulut, sebetulnya rasa enak didapat dari banyak hal. Di mana salah satunya adalah keberadaan kuning telur yang berpadu dengan butter dan mentega di dalamnya. Sedangkan penambahan susu atau keju, berfungsi menjadikan semakin mantap gue.

resep kue putri salju

Ada lagi yang unik dari kue putri salju tersebut. Yaitu gula salut atau ice sugar, yang digulingkan setelah kue diangkat dari pemanggangan atau oven. Kue akan terlihat putih layaknya salju sesuai dengan namanya yakni kue putri salju.

Nah, penasaran gimana cara bikinnya, berikut Resep Membuat Kue Putri Salju Yang Enak Dan Lumer Di Mulut. Silakan dicatat ya!

Resep Membuat Kue Putri Salju


Bahan yang diperlukan :

300 gram tepung terigu protein tinggi
75 gram tepung maizena
3 butir telur
50 ml susu tawar
50 gram keju cheddar parut
50 gram keju edam parut
50 gram butter
75 gram margarine
100 ice sugar
75 gram gula halus

Cara membuat :

1. Kocok telur bersama gula halus dengan kecepatan rendah.
2. Masukkan keju dan butter, kocok kembali.
3. Setelah tercampur rata, berturut-turut masukkan tepung terigu, tepung maizena dan terakhir susu tawar. Aduk menggunakan spatula hingga rata sempurna dan tak menggumpal.
4. Ambil plastik, letakkan di atas talenan, kemudian beri adonan dan gilas.
5. Cetak kue sesuai selera, selanjutnya panggang selama kurang lebih 20 menit atau sampai matang dengan panas sedang, di atas loyang yang sebelumnya telah diolesi minyak atau margarin dan dialasi kertas roti.
6. Angkat, gulingkan di atas ice sugar.
7. Tunggu setelah dingin, baru dimasukkan ke dalam toples bersih dan kedap udara.

Kue putri salju dalam perkembangannya bisa diolah menjadi berbagai varian rasa.  Yang telah dituliskan resepnya tadi yang bercitarasa keju. Adapun rasa lain dapat berupa kacang tanah, kacang mede atau aroma pandan.

Bila menggunakan jenis kacang-kacangan untuk menambah citarasa gurih, maka sebaiknya harus disangrai sampai matang. Setelah itu ditumbuk halus atau kasar menurut keinginan kamu, baru kemudian dicampur ke dalam adonan. Dicetak seperti biasa memaki cetakan bentuk bulan sabit, bintang atau yang lain, tergantung selera pula.

Kue putri salju ini juga ladang bisnis yang cukup menggiurkan, bila serius ditekuni akan ada hasil yang didapatkan. Meski hanya hadir di saat momen-momen tertentu saja, akan tetapi tak ada salahnya jika kamu coba. Sebab terbilang awet dan tahan lama, jadi bisa dipasarkan lewat online dengan jarak tempuh dan waktu yang cukup lama.

Resep membuat kue putri salju yang enak dan lumer di mulut sudah dibagikan. Semoga bermanfaat dan dapat memberi inspirasi bagimu yang tengah bingung ingin membuka bisnis kue, tapi belum ada ide. Sekian dan selamat mencoba!